bau-badan

Cari Tau Penyebab Bau Badan

Apa jadinya jika orang yang ada di dekat Anda memiliki bau badan yang tidak sedap? Tentunya akan mengganggu dan ingin cepat-cepat menjauh. Jika kita yang mengalaminya pun pasti akan gelisah dan menurunkan rasa percaya diri. Dilansir Medical News Today, bau badan adalah bau yang tidak enak yang bisa dikeluarkan dari tubuh kita. Penyebab bau badan sendiri yaitu ketika bakteri yang hidup di kulit memecah keringat menjadi asam.

Orang yang mengalami obesitas, orang yang sering mengonsumsi makanan pedas, serta orang dengan kondisi medis tertentu, seperti diabetes, lebih rentan mengalami bau badan. Orang yang terlalu banyak berkeringat, seperti kondisi hiperhidrosis, juga bisa rentan terhadap bau badan. Penyebab bau badan biasa terjadi ada anggota tubuh seperti, kaki, ketiak, alat kelamin, rambut kemaluan, pusar, dubur, atau di belakang telinga.
Penyebab bau badan dikarenakan oleh bakteri yang memecah keringat dan sebagian besar berhubungan dengan kelenjar apokrin. Dari sinilah sebagian besar bau badan berasal.

Kelenjar ini ditemukan di payudara, area genital, kelopak mata, ketiak, dan telinga. Di payudara, kalenjar ini mengeluarkan tetesan lemak ke dalam ASI. Di telinga, mereka membantu membentuk kotoran telinga. Sedangkan kelenjar apokrin yang ada di kulit dan kelopak mata adalah kelenjar keringat.

Kelenjar apokrin terutama bertanggung jawab sebagai penyebab bau badan, karena keringat yang mereka hasilkan mengandung protein tinggi, yang dapat diuraikan oleh bakteri dengan mudah.
Sedangkan pada kaki, bau muncul disebabkan karena kita memakai sepatu dan kaus kaki, sehingga keringat lebih sulit menguap.
Kondisi ini memberi bakteri lebih banyak keringat untuk diuraikan menjadi zat bau.

Kaki yang lembab juga meningkatkan risiko berkembangnya jamur, yang juga bisa mengeluarkan bau tak sedap. Sebagian besar kelenjar apokrin terkonsentrasi pada ketiak, membuat daerah tersebut rentan terhadap munculnya bau badan. Langkah-langkah berikut dapat membantu mengatasi penyebab bau badan pada ketiak.

Jaga ketiak tetap bersih

Cuci secara teratur menggunakan sabun anti-bakteri, sehingga menjaga jumlah bakteri tetap rendah, dan akhirnya dapat mengurangi bau badan.

Rambut

Rambut pada ketiak dapat memperlambat penguapan keringat, memberi bakteri lebih banyak waktu untuk memecahnya menjadi zat bau sehingga menjadi penyebab bau badan. Mencukur rambut ketiak secara teratur dapat membantu mengendalikan bau badan di area tersebut.

Deodoran atau antiperspiran

Deodoran membuat kulit lebih asam, sehingga bakteri lebih sulit berkembang. Antiperspirant menghambat kerja kelenjar yang berkeringat, sehingga mengurangi keringat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *